Pantai Rajegwesi Banyuwangi

20 Oktober 2019 263x Tour

Beranda » Tour » Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi berada di Kecamatan Pesanggaran,Desa Sarongan. Pantai ini masih termasuk di dalam wilayah TN Meru Betiri mempesona ini dikelilingi hutan tropis yang hijau dan menyejukkan mata.

Masyarakat setempat biasa menjadikan Pantai Rajegwesi sebagai tempat untuk memarkirkan kapal. Dalam bahasa jawa yang asal katanya dari Rajeg dan Wesi. (Rajeg) berarti tiang atau pagar, sedangkan (wesi) berarti besi. Dalam bahasa Indonesia berarti pagar besi.
yang dihiasi batu karang berukuran besar. Ombak di lautan sekitar pantai ini cukup besar disebabkan perairan di sekitar pantai ini merupakan bagian dari Samudra Hindia.
Jajaran perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai menambah keunikan karena semakin mewarnai suasana Pantai tersebut. Wisata ini mempunyai pasir berwarna kecoklatan sebab tercampur endapan lumpur dari sungai, kemudian terbawa hingga ke lautan. Wisata ini pernah di kuasai kolonial Jepang dengan membangun bunker pengintaian. Namun kini bunker Jepang tersebut hanya menjadi saksi bisu dan bangunan tua yang biasa disebut Goa Jepang oleh masyarakat sekitar.

Pantai Rajegwesi terletak dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Maka dari itu, panorama pantai ini sangat indah. Pasir pantai berwarna coklat akibat endapan lumpur yang dibawa sungai yang bermuara di pantai ini saat banjir. Pantai ini dikelilingi hutan tropis hijau yang masih asri.

Pantai Rajegwesi menjadi jujukan wisatawan lokal dan mancanegara selain tempat wisata lain di kawasan Taman Nasional Meru Betiri seperti Teluk Hijau dan Sukamade. Atraksi wisata budaya yang sering dikunjungi wisatawan berupa wisata agro dan aktivitas masyarakat berupa cara pembuatan gula jawa (nderes) mulai dari pengambilan air kelapa sampai proses pembuatan gulanya. Aktivitas nelayan dan adanya perayaan petik laut bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Biasanya aktivitas di pantai ini meningkat saat Hari Raya Idul Fitri. Selain tempat wisata, pantai ini juga menjadi sentra perdagangan ikan bagi desa-desa di sekitar pantai.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Rajegwesi, harus melewati akses jalan raya yang tidak terlalu mulus karena jalanannya yang masih berlubang-lubang. Topografi Pantai Rajegwesi begitu unik. Kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini antara lain berenang, bersantai menikmati pemandangan dan snorkeling.
Cukup dengan mengakses link berikut ini Indo Tour and Travel .

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.